GAGASAN Uncategorized VALUABLE

Kalijodo Rata Dengan Tanah Akhir Bulan Ini

Jakartaterkini.com, Jakarta – Pengusuran Kawasan Kalijodo Jakarta sudah matang. Rencananya Pemprov DKI akan meratakan bangunan yang ada di Kalijodo, Jakarta Utara, pada akhir bulan Februari ini.

“Rencana pengusuran sudah matang, mungkin tanggal 29 Februari 2016 nanti,” kata Sekretaris Daerah DKI Saefullah usai rapat dengan sejumlah kepala dinas di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/2/2016).

Untuk itu, Pemprov DKI memberi waktu kepada warga dan para pengusaha kafe di Kalijodo Jakarta untuk mengosongkan tempatnya sampai tanggal 29 Februari.

Menurut Saefullah, pihaknya siap melakukan eksekusi penertiban apabila warga tidak juga mengindahkan SP yang diberikan.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan pihaknya tetap membersihkan lokalisasi Kalijodo, kendati warga setempat memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM). Pemprov akan mengganti rugi dan menjamin relokasi warga ke dua rusun yang telah ditentukan. Selain itu, nasib anak-anak yang direlokasi juga dijamin aman.

Menurut Ahok, sistem penguasaan lahan sudah sesuai dengan Undang-Undang Penguasaan Tanah Negara.

“Tanah hak miliki kamu saja akan tetap kita ambil. Apalagi yang enggak punya surat-surat,” kata Ahok di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (19/2/2016). (vin)