GAGASAN Uncategorized VALUABLE

Entrepreneur Harus Memberi Kontribusi dalam Memberdayakan Orang Lain

Jakartaterkini.com, Jogja – Menjadi pengusaha bukan hanya mencari keuntungan namun juga dapat diniatkan untuk memberdayakan orang lain.

Demikian dilontarkan Sandiaga Uno didepan lebih kurang 400 mahasiswa yang mengikuti kegiatan CEO Talk The Walk yang diselenggarakan Program Magister FEB UGM Yogyakarta bekerjasama dengan Indonesia Setara Foundation pagi hingga siang tadi di Auditorium BRI lt. 3. UGM Jogjakarta, Kamis (18/2/2016).

Bagi seorang pengusaha, makin besar usahanya sebenarnya akan otomatis memperkerjakan banyak orang sehingga secara tidak langsung akan memberdayakan banyak orang.

Niat memperkerjakan banyak orang akan lebih mulia ketimbang sekedar mencari keuntungan, karena keuntungan adalah sesuatu yang pasti didapatkan jika usahanya makin maju.

“Saya bersyukur bahwa usaha saya yang dulu hanya memiliki 3 karyawan, saat ini telah memperkerjakan lima puluh ribu orang,” ujarnya.

Banyak sekali pengusaha yang dapat menyelesaikan masalah masyarakat misalnya Tokopedia dan Bukalapak yang membantu ribuan orang untuk dapat memasarkan produknya. Bukan hanya itu, omzet kedua perusahaan itu lebih besar dari perusahaannya yang dibangun hampir 20 tahun.

“Saya angkat topi untuk mereka,” pujinya. Banyak lagi pengusaha yang mengembangkan aplikasi yang membantu banyak orang. Menurutnya, sektor teknologi ini merupakan sektor yang prospektif sekaligus dapat memberdayakan banyak orang.

Secara khusus ia menceritakan bahwa selain melalui bisnis, ia juga memberdayakan UMKM dan Koperasi melalui sebuah yayasan bernama Indonesia Setara Foundation. Lembaga ini membantu membuka akses dan kesempatan bagi UMKM dan Koperasi sehingga ada kesetaraan berusaha.  Melalui lembaga ini ia membantu pengusaha kecil untuk tumbuh dan berkembang dengan menyediakan pendidikan dan pendampingan bisnis, akses kepada permodalan dan akses terhadap jejaring.

Kepada para mahasiswa ia memberikan tantangan untuk ikut berkontribusi dalam memberdayakan UMKM. Ia meminta para peserta untuk menemukan pelaku usaha dalam kategori UMKM, kemudian menggali apa saja masalahnya. 

“Setelah itu berikan saran atau masukan. Pastikan mereka mengerjakan saran atau masukan Anda. Lalu pantau hasilnya dan kirim kepada saya melalui twiter @sandiuno atau Fanpage saya.” katanya.

Menurutnya UMKM dan Koperasi perlu dibantu, karena mereka adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Mereka menyerap lapangan kerja paling banyak dibandingkan usaha besar.

Adapun keterlibatannya dalam politik, menurutnya adalah bagian dari upaya memberdayakan. Melalui politik, bisa dilahirkan kebijakan yang membantu UMKM dan Koperasi untuk tumbuh dan berkembang.

Mengakhiri sesinya, ia menekankan bahwa semua orang harus memiliki jiwa entrepreneur sehingga selalu bisa memberikan nilai tambah, kreatif dan inovatif. (vin)